Self Improvement

Tips Puasa Nonton

Tulisan ini berisi Tips Puasa Nonton Drakor dan Anime. Oke Langsung aja.

Pertama, Hilangkan sumbernya. Maksud hilangkan sumbernya disini yaitu koleksi anime dan drama korea, hilangkan semua itu. “Tapi sayang kalo di hapus” Masih ada yang bilang gitu?, okedeh aku kasih tips kedua biar koleksi drama dan anime tidak perlu di hapus.

Kedua, Tidak perlu hapus, tapi tahan keinginan nontonmu. Menahan keinginan nonton drama korea dan anime memang tidak mudah, aku tahu rasanya. Apalagi ketika kamu puasa untuk menahan gak nonton, tapi adek atau kakakmu nonton di depanmu itu rasanya “uh banget” kayak orang yang lagi puasa makan minum, tapi ada orang yang makan makanan favoritmu di depan matamu langsung. Tapi aku punya cara jitu biar kamu tidak tergoda oleh keinginan itu, yaitu tips ketiga.

Ketiga, Tahan keinginan nonton dengan menyibukkan diri melakukan hal-hal positif lain. Nah, yang ini cocok banget buat orang sibuk, boro-boro nonton anime dan drama korea, kerjaan rumah dan kantor aja masih numpuk. Tapi gimana dengan orang yang tidak punya kegiatan lain alias nganggur? Jawabannya yah cari kegiatan dan aktivitas yang bisa dilakukan, entah itu pekerjaan rumah seperti nyuci piring, setrika baju, dan lainnya atau pekerjaan lain seperti ikut pelatihan, seminar, volunteer, magang. Intinya kegiatan apapun yang membuat kamu lupa dengan nonton anime dan drama korea.

Keempat, Jangan dengerin musik lagi, ganti dengan murattal bacaan Al-Qur’an. Aku tahu tips keempat ini paling menantang, karena kalo udah terbiasa mendengarkan musik, itu bikin kecanduan, hampir semua kegiatan diiringi musik, sampai sebelum tidur pun play musik. Tapi, tidak ada yang tidak mungkin dengan kehendak Allah. Niatkan dengan ikhlas kalo kamu gak mau dengerin musik lagi. Pokoknya kalo denger musik tarus tiba-tiba mau ikut nyanyi, ISTIGHFAR. dalam hati atau ucapkan dengan suara “Astagfirullah” jangan nyanyi.

Kesimpulan, Kalo kita mau puasa nonton anime dan drama korea atau puasa musik juga harus niatkan dengan sungguh-sungguh dan minta sama Allah untuk dikuatkan menahan keinginan dan godaan nonton dan musik. Karena pada dasarnya semua yang terjadi di alam semesta ini semua atas kehendak Allah. Entah bagaimana caranya, jika Allah sudah berkehendak, maka kita akan mampu melakukannya biidznillah.

Oke cukup sekian tips dari aku, silahkan share ke orang yang membutuhkan tips ini dan kalau ada yang mau tanya-tanya atau curhat bisa DM ke instagram @ekkaasyafitri atau komen aja langsung. Syukron sudah baca ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *