Self Improvement

Pilih Ekskul

Tulisan ini khusus saya bikin untuk kamu yang lagi bingung pilih ekskul atau organisasi yang cocok sama kamu saat di sekolah dan di luar sekolah. Seperti biasanya, remaja SMP atau SMA pasti suka bingung baget pilih-pilih sesuatu, karna menurut para ahli remaja adalah masa transisi baik fisik maupun psikisnya atau peralihan dari anak anak menuju dewasa. Maka seringkali kita lihat kadang tingkahnya seperti dewasa, kadang bertingkah seperti masih anak-anak. Nah, hal inilah yang memengaruhi pikiran remaja dilema saat memilih sesuatu. Salah satunya pilih ekskul/organisasi di sekolah
Berdasarkan pengalaman dan survey saat saya masih sekolah, rata-rata orang akan memilih organisasi yang disukai dan menguntungkan untuk dirinya. Saya akan mengulas beberapa ekskul/organisasi agar kamu gak bingung lagi nih.
1. OSIS dan MPK
Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) dan Majelis Perwakilan Kelas (MPK) diurus dan dikelola oleh siswa/i pilihan dan telah melalui serangkain tes akademik, fisik, mental, dan wawancara bahkan ada tes yang lainnya lagi. Pengurus OSIS dan MPK juga sangat terbatas, maka dari itu kamu harus siap bersaing dengan mereka. Buat kamu yang suka tantangan dan mau banget punya pengalaman keren, saya saranin ikut OSIS atau MPK karena ini akan sangat membantu kamu saat terjun di masyarakat, kamu juga akan punya pengalaman tentang administrasi, team work, leadership, dan masih banyak lagi.

2. Pramuka
Ada beberapa tingkatan dalam pramuka menurut umur orang tersebut, yaitu siaga (7-10 tahun), penggalang (11-15 tahun), penegak (16-20 tahun), pandega (21-25 tahun). Jika mau tau lebih lanjut tentang gerakan pramuka silahkan search di google. Singkatnya pramuka mencangkup hampir semua sisi kehidupan dan telah diwajibkan berpramuka untuk SD sampai SMA, hal ini jelas tertulis dalam Peraturan Menteri No. 63 Tahun 2014. Khusus buat kamu yang mau jadi pengurus gerakan pramuka di sekolahmu, kamu bisa melalui berbagai macam tes terlebih dahulu. Ini cocok baget buat kamu yang penasaran sama hal-hal yang baru, dan selalu suka tantangan, serta tidak pernah merasa puas dengan ilmu yang kamu punya. Pramuka itu luas sampai ke seluruh dunia, jadi gak bakal nyesel deh ikut pramuka.

3. PMR
Palang Merah Remaja (PMR) yaitu wadah pembinaan dan pengembangan anggota remaja PMI. PMR membantu PMI dalam melaksanakan berbagai kegiatan kemanusiaan di bidang kesehatan. Jadi, buat kamu yang suka dan penasaran tentang kemanusiaan dan kesehatan bisa ikut PMR. Organisasi ini juga mengajarkan kamu untuk jadi relawan sejak usia remaja. Pengalaman di PMR juga akan sangat membantu kamu, jika kamu menghadapi situasi darurat saat terjadi bencana atau kecelakaan. Gimana? Tertarik untuk ikut PMR?

4. Organisasi keagamaan
Jika kamu suka dengan hal-hal religi, organisasi ini cocok untuk kamu. Banyak baget organisasi keagamaan di luar sekolah, tapi yang paling utama kamu harus ikut organisasi sekolah, karena bagaimanapun juga kamu harus membanggakan nama sekolah melalui organisasi yang kamu ikuti. Organisasi keagamaan bukan hanya membahas tentang agama, tapi organisasi ini juga membahas tentang kehidupan kita sehari-hari dan nilai-nilai positif lainnya.

5. Paskibra
Ekskul ini cocok baget buat kamu yang mau nambah tinggi badan, sebenarnya nambah tinggi badan ini bonus. Paling utama yang kamu dapetin dari ekskul ini disiplin, karena setiap pertemuan atau latgab (latihan gabungan) apa-apa serba diwaktu khususnya saat istirahat dan makan. Bukan Cuma itu, kamu juga akan merasakan kekeluargaan, kesabaran, keikhlasan, serta kebanggaan ketika mengibarkan bendera pusaka. Dibalik suksesnya bendera berkibar saat hari kemerdekaan adalah hasil perjuangan berat pasukan pengibar ini, karena fisik dan mental benar-benar ditempa hingga jadi permata, istilah ini memang cocok untuk para anggota paskibra.

6. Ekskul Menulis
Ekskul ini mencangkup semua yang berhubungan dengan tulis-menulis seperti karya tulis ilmiah, jurnalistik, membuat cerpen, puisi, dan lain sebagainya. Jika kamu ingin mengikuti ekskul ini, kamu harus punya modal dasar yaitu senang membaca dan menulis, karna jika tidak maka jangan harap kamu akan betah di ekskul ini. Setip tulisan yang kamu tulis harus bisa dipertanggung jawabkan, harus cermat dan teliti dalam mencari sumber informasi dan referensi agar tulisanmu dihargai dan diapresiasi oleh orang lain. Jadi, mulailah belajar dari sekarang.

7. Olimpiade Sains
Ekskul Olimpiade dibeberapa sekolah dibuat dengan tujuan untuk mempersiapkan siswa/i yang kompeten di bidang akademik yang akan di-ikutkan lomba atau kompetisi di bidang akademik seperti Olimpiade Sains, Lomba cerdas cermat sains, dan lomba serupa lainnya. Biasanya anggota ekskul ini dipilihan dari seleksi/tes yang diadakan sekolah atau guru mata pelajaran terkait. Jadi singkatnya ekskul ini untuk kumpulan siswa/i yang nilai akademik nya tinggi. Tapi ingat ya, setinggi apapun nilaimu bukan alasan untuk bersombong diri. Dan ketika tiba saat nya kamu dikirim untuk mengikuti lomba, persiapkan dengan baik dan terima dengan ikhlas hasil akhir dari lomba nya, kalah atau menang itu sudah biasa dalam perlombaan.

8. Kesenian dan Olahraga
Ekskul ini cocok buat kamu yang lebih suka praktek dari pada teori. Mengikuti ekskul ini bisa melatih bakatmu dan juga mengembangkan hobimu, jadi untuk orang yang suka seni dan olahraga gak akan bosan saat hadir pertemuan ekskul. Ekskul ini terdiri dari beberapa bagian yaitu, teater, tari, paduan suara, band, seni rupa, dan olahraga seperti voli, tenis, futsal, basket, lari, renang, dan seterusnya. Jadi kamu bisa eksplor semua sesuai kemampuan dan hobimu di ekskul ini.

9. Organisasi di luar sekolah
Di luar sekolah banyak sekali kegiatan atau organisasi yang dapat kamu ikuti, tapi ikutilah yang positifnya saja. Banyak sekali keuntungan nya jika kamu mengkuti kegiatan atau organisasi di luar sekolah, seperti memiliki banyak relasi atau network, bisa mengenal susah senang kehidupan diluar rumah atau sekolah, dan juga menambah pengalaman serta wawasan kamu. Biasanya dimulai dari kamu mengikuti organisasi sekolah, kamu akan terbawa forum maupun kegiatan diluar sekolah yang jangkauan nya lebih luas lagi. Jadi, jangan takut untuk mencoba kegiatan diluar sekolah yaa.

Itulah tips serta ulasan dari saya tentang organisasi atau ekskul yang bisa kamu ikuti, semua organisasi dan ekstrakulikuler dibuat sebagai wadah bagi siswa/i untuk menyalurkan minat dan bakatnya, jadi jangan ragu untuk menyalurkan minat dan bakatmu ya. Karna boleh jadi dimulai dari ekskul dan organisasi kamu bisa menemukan jati dirimu dan sukses dikemudian hari. Jadi jangan bingung lagi saat memilih ekskul atau organisasi di sekolah ya.
Nah kalau masih bingung silahkan tanyakan di kolom komentar atau bisa kontak saya lewat E-Mail atau sosial media.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *