Self Improvement

Tips Anti Bucin

Ini tips buat orang yang lagi fall in love tapi mencoba untuk mengendalikan perasaannya agar nggak terjebak oleh rasa cinta yang semu.

  1. Jangan memulai percakapan jika tidak penting
    Orang yang sedang jatuh cita, khusus para remaja puber atau ABG sering sekali memulai percakapan atau chat dengan orang yang di suka, mereka merasa senang ketika doi membalas chat nya atau nyaman berbicara dengannya. Hal ini tidaklah baik, seharusnya kita tau bahwa itu mengundang hawa nafsu kita dan syaitan selalu membisikkan yang kamu suka hingga akhirnya kamu menyesal telah berbuat hal tersebut. Saran saya lebih baik kamu tahan dan buang semua keinginan untuk chat dan berbicara dengan doi, jika memang kepentingan mendesak, berbicaralah secukupnya. Karna jika terlalu sering chat atau bicara dengan doi justru semakin sulit menahan semua perasaan suka dan dapat diperdaya oleh hawa nafsu dari syaitan.
  2. Menghidari kontak mata dengan orang yang kamu suka
    Ada pepatah bilang “dari mata turun ke hati”. Ungkapan tersebut sangat sering terjadi pada remaja puber kini, berbicara dengan menatap matanya mengudang nafsu kita untuk suka pada seseorang. Bahkan jika terlalu sering dapat menimbulkan nafsu jahat yang datang dari syaitan. Jika kamu muslim yang baik kamu pasti akan berusaha menghindari tatapan nya bagaimanapun itu, bahkan sering kali orang menunduk agar ia tidak dapat menatap matamu. Kecuali jika kamu lebih tinggi dari doi-mu, bahkan ketika menunduk pun semakin terlihat matanya jadi hidari saja semampumu.
  3. Jangan berduaan di tempat ramai atau sepi
    Jika kamu bertemu doi secara sengaja ataupun tidak sengaja, cukuplah dengan menyapanya saja satu atau dua kata lalu pergi. Jangan berlama lama berada di dekat doi atau hanya berdua dengan doi, karna itu dapat menimbulkan serangan jantung, eh salah tapi menimbulkan serangan dari syaitan penggoda. Sering sekali saat kamu bertemu dengan doi justru berkeinginan untuk selalu dekat dengan nya dan dapat selalu melihat sosok doi mu walupun secara diam diam dan sembunyi sembunyi, hal ini boleh saja, akan tetapi jika dilakukan secara sering dan berlebihan akan menimbulkan nafsu jahat yang datang dari syaitan.
  4. Hindari curhat dengan teman, curhatlah dengan Allah atau tulis di buku diary
    Hal yang paling sering dilakukan remaja puber saat jatuh cinta adalah curhat ke sahabatnya bahkan ada yang curhat ke teman-teman sekelas atau satu sekolahnya, haduhh ini bahaya banget. Karna semakin kamu menyebarluaskan-nya maka kamu semakin merendahkan harga diri mu sendiri. Kenapa? Karena gak semua orang yang kamu curhatin bisa jaga mulutnya kan?!! Solusi dari semua itu adalah dengan mendekatkan diri kepada Allah, mintalah petunjuk dari-Nya. Jika kamu masih merasa kurang plong atau masih mengganjal di hati, maka tulis semua curahan hatimu di buku diary. Itu lebih baik daripada curhat ke teman atau sahabatmu, karna privasimu akan terjaga.
  5. Selalu berdoa agar diteguhkan hati serta keimanan kepada Allah
    Berdoalah kepada Allah agar di teguhkan hati dan keimanan, setiap tasyahud akhir kita selalu membaca lafadz “yaa muqollibal qulub, tsabbits qolbi alaa diiniq” nah itu doa agar diteguhkan hati kita kepada agama Allah.

Sekian tips dari saya. Semoga bermanfaat. Kalau ada yang ingin ditanyakan bisa komen atau dm di instagram @ekkaasyafitri atau bisa kirim Email di info@ekasyafitri.com Terima kasih sudah baca!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *