Story

Puasa Anime & Drakor

Awal Januari 2021, aku berpikir untuk mencoba puasa nonton anime dan drama korea. Alasannya sederhana, aku mau bersih-bersih hati, pikiran dan menjaga pandangan. Pada dasarnya, memang anime dan drama korea itu ada manfaatnya, tapi tidak sedikit pula sisi buruk nya. Aku pernah baca “jika sesuatu itu lebih banyak keburukannya daripada kebaikan yang di dapat, maka tinggalkanlah sesuatu itu” dan entah kenapa setiap aku nonton anime dan drama korea, aku merasa lebih banyak keburukan yang aku dapat daripada kebaikannya. Salah satunya aku jadi sering lupa waktu karena keasyikan nonton dan ketika solat sering tidak khusu’ karena teringat anime dan drama korea yang aku tonton, bahkan dalam kehidupan sehari-hari pun tak jarang mengikuti kata-kata yang diucapkan oleh tokoh atau character serial anime atau drama, seperti kata “wahh daebak” atau seperti “ohayou minna-san” dan masih banyak lagi. Seharusnya, lebih baik jika kata-kata itu diganti dengan “wahh masya Allah, Subhanallah” atau jika ingin mengucapkan selamat pagi bisa berkata “shobahul khoir walhamdulillah”

Aku lupa kapan tepatnya aku mulai suka anime dan drakor, bahkan beberapa tahun lalu aku sempat datang ke acara festival anime (sejenis itulah) sampai aku mendengarkan musik korea dan jejepangan. Mungkin awalnya memang coba-coba, tapi memang yah yang namanya maksiat itu bikin candu, apalagi bagi yang imannya lemah. Itu benar-benar jadi ujian banget. Semuanya di uji deh, mulai dari mata, pendegaran, sampai ke hati, pikiran bahkan tingkah laku. Kalau kelamaan terjerat candu itu, bisa bahaya. Bahkan sampai ada yang rela keluar uang untuk masuk neraka, maksudnya keluarin uang untuk maksiat. Astagfirullah. Naudzubillah.

Alhamdulillah awal tahun 2021 itu aku diberi kekuatan oleh Allah untuk bisa puasa nonton anime dan drakor dan nonton film lainnya juga, laa haula walaa quwwata illa billah, semoga seterusnya aku bisa istiqomah untuk gak nonton anime, drakor, dan film lainnya. aamiin, Bi idznillah. Dan semoga juga aku bisa diberi kekuatan untuk bisa puasa baca webtoon. Semoga Allah jaga penglihatan, pendengaran, ucapan, dan tubuh kita semua dari hal-hal maksiat dan dosa yah. Aamiin.

Insya Allah selanjutnya, aku akan kasih tips puasa anime dan drakor yah. Syukron sudah baca sampai sini, barakallahu fiik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *